jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan

Toilet Training Uni (Bonus Printable Alur Pipis)

Tuesday, April 23, 2019

Toilet training.....
Fyuuhhh.. lebih susah daripada sapih dan GTM ya? Sini kita pelukan dulu 😇 Nggak cuma kalian kok, banyak ibu-ibu lain merasakan hal yang sama. Uni, anak pertama aku, sekarang hampir tiga tahun dan belom lama ini bisa kubilang tuntas toilet training. Sebelumnya udah pernah bisa pipis di kamar mandi, tapi karena pergi-pergi terus dan tiap pergi dipakein pospak (popok sekali pakai), jadi mendadak kaya lupa aja gitu anaknya. Ngompolan lagi haaaaaaahhhhh. Dan buruknya, level sabar aku makin tipis dari proses toilet training pertama karena aku merasa "Dih ini anak udah pernah bisa, artinya udah bisa dong. Masalahnya tu cuma MAU atau GAK MAU."

Jadi kali ini aku pengin cerita soal proses toilet training Uni sampai kaya sekarang, bisa minta pipis di kamar mandi walaupun lagi pakai pospak. Semoga jadi penyemangat dan nambah referensi cara toilet training karena dulu aku merasa butuh teman sesama pejuang TT yang ga lulus-lulus, gagal maning gagal maning son, dan aku butuh referensi cerita sukses TT tanpa bikin aku merasa terintimidasi hahaha.

Sebenernya cerita TT ini udah pernah aku bahas di igstory yang judulnya Toilet Training. Cerita di highlight itu keberhasilan TT tahap satu, yang bubar jalan lalu harus kuulangi di TT tahap dua 😭😭 

Melatih anak buang air besar/pup di toilet

Ngelatih pup Uni jauuuh lebih gampang daripada ngelatih pipis di kamar mandi. Sejak umur setahun, Uni udah bisa ngasih tanda-tanda kalau dia mau pup. Yang dulu kubaca, tanda ini berbeda di tiap anak, ada juga yang nggak kelihatan tandanya sehingga orangtuanya sering kecolongan. Tapi kayanya pasti ada deh tandanya, cuma kitanya aja yang kurang observasi dan niteni.

Aku inget banget tiap mau pup Uni selalu berdiri diem sambil lirik-lirik orang di sekitarnya, mungkin berharap ditanya "Kenapa?". Setelah aku hafal tanda-tanda ini, tiap dia diem sambil lirik-lirik, langsung aku angkat ke kamar mandi, dudukin di kloset, tungguin sampai keluar.

Apakah langsung sukses? Jelas enggak. Keluar duluan di pospak atau batal kebelet mah udah makanan sehari-hari. Tapi biarpun udah keluar pupnya duluan, Uni tetap kuangkat ke kamar mandi biar dia familiar dan paham bahwa pup harus di kamar mandi. Pas awal-awal pembiasaan pup di kamar mandi ini, Uni belum bisa ngomong jadi ajakanku panjang lebar cuma dibalas bubbling-bubbling ala anak setahunan aja.

Pernah juga keluar duluan setelah pospak dilepas, sebelum duduk di kloset, kebayang kan? 😂😂😂 Oh trust me, we're in this together strong mamaaaa!

Alat bantu anak buang air besar di toilet

Yang paling berjasa adalah kloset anak, nggak perlu yang mahal-mahal, yang penting membantu bikin anak yakin bahwa duduk di kloset ini aman, dia nggak akan jatuh kecemplung.


Tips: pilih yang ada pegangannya kaya di gambar.
Alhamdulillah, dari umur setahunan itu Uni udah kunyatakan lulus pup di kamar mandi, yeey! 😂

Melatih anak pipis di kamar mandi

Ambil nafas panjaaaaang, hembuskan perlahaan...
Buat aku, ini yang dramanya ngalahin konflik sinetron-sinetron. Soalnya sinetron kita cuma nonton, yang ini mikir sendiri ngalamin sendiri 😜

Awalnya aku pakai cara konvensional, setiap satu jam ajak Uni pipis di kamar mandi. Awal-awal, kuajak pipis bareng biar dia lihat cara dan adab buang air kecil. Lanjut kutatur sejam sekali, kucatet jam pipisnya buat niteni anak ini pola pipisnya kaya apa. Di masa latihan ini, aku pakein training pants biar nggak bocar-bocor ke karpet. Sungguh aku nggak sanggup bayangin pipisnya berceceran kemana-mana, ngepel berkali-kali sehari, karena pada kena ompol. 

Dengan training pants, seenggaknya pipis yang bocor nggak sebanyak kalo pake celana dalam biasa karena ada lapisan handuk dan kaos tebal yang menahan ompol. Tapi kalo pipisnya banyak tentu saja tetep netes saudaraaa. Training pants beneran penyelamatku dari emosi marah-marah karena ompol berceceran, oh thank you dear training pants inventor!


Mahal ya training pants? Oh tenang aku sudah menemukan yang termurah dibanding merk lain. QIANQUHUI training pants, ada di hampir semua marketplace. Harganya kisaran 20an ribu.

Penyelamat selanjutnya adalah printable yang aku laminating dan tempel di pintu kamar mandi. Alur gambarnya aku jelasin berkali-kali ke Uni sampai dia bisa mengulangi cerita yang sama. Sebenernya awalnya suamiku nggak yakin cara ini akan ampuh, tapi semuanya layak dicoba kan demi kelulusan pipis tanpa ngompol? 



Aku juga ngeprint tabel sukses pipis, yang ini dapet dari web lain ya nggak bikin sendiri. Kalau nggak ada stiker, bisa digambar happy face aja pakai spidol.


Satu hal penting yang harus dijaga adalah ekspektasi. Pasti semuanya berekspektasi dilatin TT trus sukses, ya  kan? Kita lupa untuk berekspektasi gagal juga sehingga pas anak ngompol, kita senewen. 

Daan, selamat praktek! Cerita ya di kolom komentar 😊
1 comment on "Toilet Training Uni (Bonus Printable Alur Pipis)"
  1. Assalamualaikum mba, wah terima kasih banyak ya this article is soooo helpfull :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca! Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9