jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan

Belajar Matematika dari Nguleg Bawang

Thursday, November 23, 2017
Matematika bukan sekedar hitungan, matematika tersebar di sekitar kita. Kalimat pembuka challenge bunda sayang IIP kali ini bikin gw sumringah. Buat sebagian besar orang, pengertian matematika hanya seputar tambah kurang kali bagi, yang efeknya anak-anak mereka yang masih bayi udah dijejali calistung.

Is that bad? I don’t know, haven’t did any research yet. Tapi menurut hemat gw, akibatnya adalah anak bisa berhitung tapi ngga suka berhitung. Dari materi kali ini, gw diingetin lagi bahwa matematika itu juga soal ngajarin konsep banyak-sedikit, tinggi-rendah, besar-kecil, bentuk benda-benda sebagai dasar geometri. Ah gw jadi inget kata MomC di bukunya Montessori di Rumah, bahwa anak harus paham dulu konsep kosong, sedikit, banyak, sebelum mereka belajar penjumlahan. Make sense, sehingga penjumlahan bukan lagi hal abstrak buat anak.

Hari pertama ini pas banget sebenernya sama agenda homeedu Afiqa, bikin sate dari kotak dan segitiga kecil pake sumpit. DIY mainan ini gw bikin sebelum materi bulan ini rilis. Tapiii... eng ing eng, anaknya belom tertarik 😂 malah sumpitnya buat stick xylophone. 

Nah yang gw suka banget dari materi bulan ini, Temukan Matematika di Sekitarmu, adalah kita literally disuruh nemuin sisi matematis dari kehidupan sehari-hari, bukannya mengada-ada bebikinan dulu. Dan tadi siang, anak gw.............


mau ikut masak, nguleg bawang buat bikin sop. And then I was like “aha!” 😂😂😂 ini nih matik nih!

Naak, Afiqa lagi nguleg bawang ya? Bawangnya ada berapa sayang? Sa? Saaa? 
anaknya asik nguleg, ga jawab emaknya
Saaa....tuuuuu (sambil nunjuk satu jari).

Trus ini namanya cooo-bek. Apa sayang? Cobek. Cooo?
ditengok doang 
bek. Cobek. Bentuknya lingkaran tuh nak sama ya ama piring, tu namanya lingkaran sayang.

Ya emang ngga dijawab sih pertanyaan gw, anaknya juga memang belum lancar bicara. Tapi gw yakin Afiqa nangkep 😎 soalnya anak ini terbukti paham omongan ibuknya walaupun kesannya dia ngga merhatiin. Hebat ya anak-anak bisa kaya gitu, kalo gw kuliah kesannya ga merhatiin sih ya emang ga nangkep 😢☹️

Jadi hari ini Afiqa udah menyapa lingkaran dan angka satu lewat nguleg bawang. Kalo anak kalian, nemuin matematika apa dari aktivitas hari ini? 

#IIP
#KuliahBunsay
#ILoveMath
#MathAroundUs


Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah membaca! Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9