jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan

Ibu Juga Bisa Jenuh, Kapten!

Tuesday, October 03, 2017
Beberapa hari lalu, segera setelah suami pulang, gw misek-misek di depannya. 

"Baaaang.. Afiqa nangis mulu seharian. Ditinggal dua langkah, nangis. Dia narik tanganku ngajak kemana gitu kan trus ada jeda karena aku harus bangun dari duduk, nangis. Lagi main trus aku ikut pegang mainannya, nangis. Denger kata jangan, nangis. Dikomentarin nangis. Capeknyaaa. Cape tau! Trus aku tuh sampe ngga menghibur gitu loh kalo Afiqa nangis, kubiarin aja ntar juga diem sendiri. Aku jahat ga ya? Tapi gimana yaaaa.... kan aku 24/7 sama Afiqa terus, ngga ada pergi kemana-mana blas jadi kadang aku tu bosen main sama dia. Bingung juga mau ngapain lagi. Aku tu sampe mikir loh, apa jangan-jangan aku ngga sayang ya sama Afiqa? Kok aku tega aja gitu denger dia nangis lama, pas nangis abis mandi misalnya kan karena ngga sabar pake baju, pengen buru-buru mimik. Itu aku makein bajunya ngga ku percepat loh. Santai aja aku pelan-pelan pakein baju padahal dia nangis. Gimana sih bang kita tau kalo kita sayang? Abang sayang sama aku kan? Abang tau darimana kalo abang sayang sama aku?"

Suami gw yang baru pulang langsung diberondong curhatan panjang yang ketahan seharian. Kan ngga enak kalo curhat via watsap sementara suami lagi kerja yakan yakan yakan? Video call juga ngga mantap. Paling enak tu curhat langsung empat mata, jadi sambil gw ngomong panjang lebar ada tangan yang menenangkan sambil elus-elus kepala.

Nah tapi, pertanyaan gw belum terjawab. Pas gw tanya, abang cuma jawab "Gimana ya... ya tau aja kalo aku sayang." 😂 tipikal laki gw deh suka males mikir kalo dikasih pertanyaan filosofis gitu. 

Gimana lo tahu kalo lo sayang?
🤔🤔🤔




Gw pengin deket terus Mak. Gw pengin ngasih yang terbaik Mak. Kalo jauh gw kangen Mak. Gw pengin memastikan dia selalu mendapat yang terbaik Mak.

Gitukah?
Tapi akan ada masanya lo bosen. Jenuh banget. Rasanya pengin nonton film India aja daripada nemenin main, atau jajan bakso sendirian sebentar daripada nyuapin maem. Ada, ada masanya rasa itu datang.

Trus kalo gitu, apakah artinya kita kurang sayang? 

Gw pernah baca di suatu sosial media, ibu bekerja curhat bahwa somehow kerja jadi kaya hiburan buat dia. Dia lebih seneng kerja daripada harus stay full di rumah sama anak, bingung mau ngapain aja, rentan stres kalo anak rungsing nangis mulu, dan katanya dia ngerasa anaknya lebih terjamin di daycare daripada di rumah ngga jelas belajar apa.

Oke, first. No judgements. Tiap ibu punya pertimbangan sendiri-sendiri dan kita ngga tahu kondisi ibu tersebut. Tapi yang mau gw tekankan adalah, ternyata bukan cuma gw yang ngalamin. Buat ibu bekerja, ternyata kerja di luar rumah bisa jadi cara kabur sejenak dari jenuh yang melanda. Tapi kalo lo stay full di rumah, gimana mau kabur sejenak, bahkan mandi aja ngga boleh lama-lama 😓 padahal mandi santai itu me time banget, cara kabur sejenak supaya setelahnya bisa seger lagi, ceria lagi, semangat lagi mendampingi anak main. Padahal suami gw super suportif. Mandiin, nyebokin, ngajak main semuanya dilakukan sepenuh hati kalo pas libur. Tapi tetep aja jenuh bisa melanda, walaupun setiap weekend gw punya back up dalam hampir semua hal.

Sebenernya nonton film India jitu banget deh buat melepas penat, tapi sekarang mau beresin satu film aja gw pause bisa 7x karena cuma bisa nonton pas anak bobok.

Dan btw, gw nulis ini sambil mimikin Afiqa, padahal baruuuuusan beli bakso yang baru dicoba kuahnya sesendok. Oh wait for me bakso dingin 😂 Oh motherhood! ❤️

Bakso dingin mah biasa, orang lagi makan trus pause karena kudu nyebokin anak eek trus lanjut makan lagi aja sering 😆

Ternyata, jadi ibu bener-bener latihan sabar tiada terhingga. Dan, dear ibu-ibu, sejenuh apapun sebosan apapun semalas apapun, anak kita punya hak didampingi main oleh perempuan sabar, semangat dan ceria. Jadi, mari mari kita sisihkan sejenak perasaan itu dan jadilah ibu yang ceria, semangat dan sabar ☺️ Jangan sampe anak nyari mbak/pengasuh dan bukannya kita ibunya ketika dia sedih, takut, kecewa dan seneng. Kan?
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah membaca! Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9