jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan

Wajah Dunia Sinetron Indonesia 2011

Wednesday, January 26, 2011
"Surti! apa-apaan kamu ini! kerja nggak becus, malah leha-leha main air kaya bebek!"

"Kamu harus menjauh dari kehidupan Tesar!"

"Bahaya, Laila sudah berubah menjadi siluman naga, aku harus membunuhnya!"

"Ini adalah congklak ajaib anakku, bisa jadi kalkulator buat kamu, tapi ingat ya, kamu harus menggunakannya dengan benar, hanya untuk kebaikan saja."

"Anu, Maknyak, saya pamit dulu ya, mau jualan ini, batik, keliling keliling komplek Maknyak. Nanti buat modal kawin sama Atun. Pamit nggih Maknyak."

Yak! buat lo yang sering mantengin tv, pasti udah ga asing sama kalimat-kalimat sejenis itu. S.I.N.E.T.R.O.N! Yak, cerdas! tepat sekali! Sejak liburan di rumah ini, gw jadi demen lagi sama tayangan rada ga mutu itu. Yaaa emang ga semua ga mutu si, tapi mostly ga mutu. Kenapa ga mutu? here are the things! gw menganalisis sinetron yang meracuni gw sejak Si Doel Anak Sekolahan, Si Doel Anak Gedongan, Lupus, Olga Seatu Roda, Strawberry, Tersanjung, Tersayang, Tercinta, sampe sodara-sodaranya Ter-ter-ter: Terjorok, Tergaul, Terjerumus dan Terimakasih. Trus Noktah Merah Perkawinan, Jangan Ambil Anakku (Paramitha Rusady), Karmila, sampe sinetronnya Dude Harlino, anak beranak Lidya Kandau sama Naysila dan Nana Mirdad, Nikita Willy, Baim, sampe si cool Baim Wong~ Ok, gw ga nyebut Cinfit dan sinetron sejenisnya di SC*V karena di rumah gw SC*V ga jelas jadi males nontonnya. Yang jelas, dari pengamatan gw, ini hasilnya, gw generate aja buat semua sinetron krn kurang lebih mirip-mirip.


   1. Bawang Merah vs Bawang Putih
yak, ini jelas banget, di sinetron jaman sekarang, selalu ada si baik yang teraniaya dan si jahat yg berjaya. Dari pertama nonton juga pasti langsung ketauan mana yang baik mana yg jahat, dan jahatnya ga tanggung-tanggung bo, kelewatan mampus! Gw rasa, kemungkinan ada orang kaya gitu kecil banget deh. Si jahat selalu orang dengan senyum setengah miring serong kanan atau serong kiri, ga percaya, coba deh ambil kaca trus coba mata ke serong kanan, tarik bibir ke kanan, angguk-angguk pelan! yak, dan Andalah si bawang merah!

   2. Zoom in Zoom out
Ini ni, kalo diperhatiin, nge-shootnya selalu zoom in zoom out. Sering banget cuman muka doang yg dishoot, kadang mata doang, kadang idung doang. Biasanya zoom in itu pas monolog lagi mikir atau si aktor lagi ngomong sendiri atau ngomong dalam hati.

   3. Lipsynch
Beberapa sinetron yg ada adegan nyanyinya, pasti lipsynch. Okelah, lipsynch emang ga masalah, film India-Bollywood juga lipsynch, tapi, hei! look, lipsynch sinetron tu parah mampus! asal mangap banget, dan lagi, kadang ada pengamen yg cuman bawa gitar tapi musiknya jadi piano sama drum.

   4. Bogor? Serang? Bandung? Jakarta ajeee
Basic banget, sinetron kan syutingnya stripping karena emang kejar tayang, jadi sebisa mungkin ongkos produksi dibikin sekecil mungkin. Cara yg paling umum, syutingnya cuman di komplek kecil yg ceritanya udah menggambarkan seluruh Indonesia raya merdeka-merdeka. Sering ada scene di Bogor tapi tempatnya di situ-situ juga, dan anehnya ceritanya di Bogor yg platnya F tapi semua mobil yg lewat platnya B. One more, mau itu terminal kek, cafe kek, toko baju kek, pasar kek, semuanya tu dekeeeeeeettt banget. How come? jelasss, kemana-mana jalan kaki, misal si mbok Yem lagi di pasar, pas jalan pulang, eee lewat cafe ketemu mbok Nah, trus tau-tau mereka udah di rumah sakit. Semuanya by foot! Trayek bus sama angkot pun cuma seputaran gang komplek. Parahnya, mobil yang lagi jalan biasanya ga jalan beneran tapi cuman digoyang-goyang (mobil goyang dalam arti sebenarnya) dan dikasih efek bayangan pohon, lampu, dsb.hhaa..

   5. Make up is a must!
hiyaaa ini pun cuman ada di sinetron jaman sekarang yg tambah ga masuk akal. Tidur pake make up persis kaya siang pas ke kantor, dress up-nya udah kaya siang-siang mau maen, pake jeans dan kaos

   6. Ketuker-tuker
 
Yak, apakah ketuker-tuker? ini adalah trend sinetron RC*I akhir-akhir ini, gw gatau deh di stasiun tv laen gimana. Yang jelas, adaaaa aja yg ketuker, entah itu bayi pas kecil, ketuker emaknya, ketuker bokapnya lah, ketuker sandalnya, ketuker sama sodara kembarnya lah. Yang jelas, ketuker is a must! 
Yah, begitulah wajah sinetron Indonesia. Yang laen, yang juga pasti dan musti wajib harus ada, adalah flashback, dimana pemainnya mengingat-ingat apa yang terjadi dulu-dulu, biasanya sambil ada backsoundnya. Trus figuran-figurannya berasa ngasal banget, misal di pasar, kan banyak orang kewat tu, tapi orangnya itu-ituuuu mulu, si baju merah, dalah adegan di pasar 5 menit, bisa 8x bolak-balik. Bujubuneeeeng, petugas kebersihan apa yak ngepel pasar bolak-balik.

Beberapa perkecualian si buat sinetron macem Si Doel, gw rasa itu sinetron bermutu yang natural. Baju, cerita, script si pemainnya juga masuk akal, maksudnya, di dunia nyata, banyaaakk orang yang kaya gitu. 

Tapi, walaupun gitu, gw terhibur juga dg keberadaan sinetron Indonesia sekarang ini. Tapi besok, kalo gw berkesempatan bikin snetron, gw mau bikin sinetron "ha ha ha". komedi? oo bukan! ceritanya tentang si A yang hobinya sikat gigi, tiaphari kerjaannya cuma sikat gigi trus ngaca di wastafel, naroh tangan kanan di depan mulut, trus ngecek "haaa ha ha" kalo masih kurang seger si A bakal ke kamar mandi lagi ambil sikat gigi, trus ngaca lagi, sampe nafasnya bener-bener seger baru dia berhenti. Sayangnya, gw sebagai script writer bakal bikin cerita kalo si A nafasnya ga pernah seger, jadi dia bolak-balik ke kamar-mandi sama kaca, gonta-ganti odol. Bayangpun! ini adalah ide cerita yg hemat!

The last, seperti apapun wajah sinetron Indonesia sekarang, masih belom terlambat buat kita mengubah jadi lebih bermutu dan berbobot serta lebih layak tonton, walaupun untuk ini, ga semua orang bisa mengubah, at least kita bisa menyeleksi sinetron yang bakal kita konsumsi.

Ibukota Jakarta Bercerita

Wednesday, January 12, 2011
Jakarta? yes yes yess!!
Jakarta! Yak, sebagian besar orang mungkin udah muak dan eneg sama panas dan macetnya Jakarta, tapi buat gw, itu dunia yg baru. Gw kerja di Jakarta? oh tidaaakk..gw masih semester 5 mau semester 6 ko :D Jakarta baru buat gw karena sampai detik ini, 19 taun 4 bulan 7 hari ini, gw baru 3x ke kota itu. Pertama aksi di DPR, kedua ke PRJ selama 2jam sama BEM 2010, dan yang terakhir..jeng jeeeng..sahabat-sahabat terbaik gw yang udah ngebawa gw maen keliling Jakarta buat pertama kalinya. A very very big thanks to Mutihera Safitri, Ghazali Al Nafi, Muhammad Alif Aldila, Tigar Putri Adhiana, dan bang Muhamad Zaki Yamani!

6 Januari 2011, dengan meninggalkan sementara tugas kuliah gw yg belom kelar, gw bersama kelima mereka ke Jakarta-eh ribet nulis Jakartanya, jadi gw singkat aja ya jadi J haha- yak baiklah, siang itu kami, berbekal perut kenyang abis makan ketoprak depan kampus, ke J. Ini bakal jadi pertama kalinya gw ke J buat maen. Rekor! Dengan semangat 300% sepanjang jalan gw ngoceh dan ketawa-tawa sama mereka. Macet bukan halangan buat tetep ceria 300%! capek? ah kalo itu si Aldi doang palingan, dia yg nyetir soalnya, gw kan di belakang jadi ga cape sama sekali hahaaa.

Ice Skating @MTA yeeeeiii d^^b
Setelah perjalanan panjang, sampe juga akhirnya kita di Mall Taman Anggrek. Gede yaaa *terserah mau bilang gw norak atau apapun!haha* disana kita maen ice skating. Ini pun hal baru buat gw, kalo niat pengen maen doang mah sering, di Bandung kan juga ada, tapi selalu gagal. Dan inilah kesempatan emas itu! Ice rink di depan Anda! akankah anda sia-siakan tiket masuk Rp 48.000,00 buat berdiam diri?! ini momentum yang tepat untuk anda bertransformasi! *halah!* dan akhirnya dg oleng oleng gw...lari-lari dan menari indah! hahaha tapi bo'oong.

nubitol: gw sama Tigor yg banyakan jatohnya daripada jalannya

 
 dan mereka pun sudah expert sementara saya benar-benar pemula :D

im really trying hard on it
 istirahat abis muter-muter dan babak belur :p
 ketauan kan mana yg jago mana yg belom? :D
there is no such a free lunch!

Gw merangkak rangkak banget tuh maen ice skatingnya! Gw jatoh berkali-kali tapi gw bangun lagi, jatoh lagi, bangun lagi, jatoh lagi, lalu gw berniat mau ngesot sampe pojok krn lutut gw udah bengkak dan biru, oh! tapi dg bantuan dan semangat dari Aldi, Muti dan Gesa yang udah pada jago, akhirnya gw bangun lagi. "Aku pasti bisa! Nunduk nunduk nunduuk..jangan jatoh jangan jatooh.." gw sampe ngomong sendiri umak-umik kaya di sinetron-sinetron. 

a perfect day is ended
Cabut dari MTA, kita ke rumah Mutiiii..yeeeii~ acara malem itu cuman makan malem banget *super supper kalo gw bilang sih haha* lanjut obrolan malam. Apa itu obrolan malam?? yaahh karena ada 3 cowo 3 cewe, obrolan malam kami adalah buka-bukaan dan blak-blakan soal cewe dan cowo masing-masing, gebetan, mantan gebetan, mantan pacar, dan bahkan mba-mba nasi tukang nasi kuning! LoL. Obrolan diakhiri jam 01.00an dini hari krn besok diagendakan mau renang pagi-pagi trus lanjut sarapan dan ke Dufan! Kenyataannya, paginya, gw dan para cewe bangun jam 8 pagi krn tidur lagi abis subuhan,sedangkan para cowok itu ternyata belom bangun juga. Jadilah gagal renang.

another perfect day: Dufaaaaann!!
Karena hari Jumat, Dufan bukanya jam 13.30, kami berangkat dari rumah Muti di J Timur jam 10.00an dg berbekal nasi, mie goreng telor dan ayam krn harga makanan di sono mahal. Macet? pastilah, Jakartaaa *sotoy*, akhirnya kami mampir shalat Jumat di Dept Perhutani, deket DPR. hahaaa gw apal jalan dan tempat ituuu gara-gara dulu pas aksi juga shalatnya disitu. 
baru nyampe, masih semangat banget! 

"We are heading to Dufaaaaaann..wuuuuuuuuuuu!!!!* semangat gw masih 300% walaupun entah kenapa, kepala gw sakit banget. Semangat 300% ini ga cuman gw, tapi anak-anak yg laen juga, secara gw, Tigor sama bang Zaki belom pernah ke Dufan. Aldi sama Muti semangat krn ngajakin newbie kaya kami, si Gesa keknya datar-datar aja di jalan haha. Gangguan ada siih di jalan, gara-gara dapet kabar presentasi dimajuin Sabtu dan harusnya Senin, ah tapi gw gamau ngebahas itu tugas kuliah yg gw tinggalkan sementara!haha..

Tiket Dufan Rp 150.000,00 each. Lumayan sepi krn Jumat, jadi kita bisa dapet banyak wahana. Mulai dari arung jeram, halilintar, ontang-anting, flight simulator (kalo si Muti nyebutnya Robocop), Hysteria, Kicir-kicir, istana boneka, tornado, niagara, bianglala, dan bombom car. Sempurna! asik gila kaaann?? :D 

 abis kicir-kicir, gw mah liat doang haha
 karena kami, keluarga!

Sebenernya ada lagi, wahana yang lumayan menyita waktu, wahana Queueing. Yak, apakah itu?! lo semua pasti masuk ke sini kalo ke dufan, hahaa. Ngantri pun jadi wahana buat kami. Malahan imajinasi kita udah kemana-mana, "Pas antri berdiri ada goncangan" lah, "abis ngantri langsung basah" dan bahkan "abis ngantri langsung muntah-muntah" haha.
ini nih yg gw maksud wahana queueing hahaha 

saking setresnya lama di wahana queueing, kami bikin foto super close up! ini yaa, sekalian gw ngenalin my besties hhaaha..
si menteri, bang Zaki. agak undefined, tapi asik gila!
Aldila! manusia dg imajinasi terbaik yang gw kenal
 Ghazali alias Gesa yg selalu ngegap kalo gw lagi ngupil
 Muti, si sipit yang gaul gilaaa
 si rahma lewat jembatan ancol haha
yak, si Tigar yg biasa kita panggil Tigor yg super cempreeng

di bianglala, si Aldi yang maen kicir-kicir 2x, ngajak maen tornado, semangat halilintar dan hysteria, mendadak melempem pas bianglala. aneh? tapi ini fakta!


beres doing fun in dufan, cabut ke monas! ooww..lengkaaapp..baru ini juga gw bakal liat monas, hahaa..beginilah nasib anak kampung di rantau, halah!

petualangan di monas ditutup dengan beli kerak telor seharga Rp 10.000,00 yg lumayan ngeganjel perut di jalan sebelum barbeque-an di rumah Muti.

terimakasih temen-teman, kalian yang terbaik!!! d^^b Kalian yang ngenalin Dufan sama gw, ice skating, dan ngajak maen ke Jakarta. Kalo kemaren pas Aldi tanya, hari kamis gw kasih nilai berapa skala 1-10, gw jawab "9 Di, minus 1 buat macet dan muter-muternya" sekarang gw mau bilang kalo dua hari di Jakarta gw kasih 10 dari 10, karena pas macet dan muter-muter itu kita ber-6 bisa becanda lebih lama..

Next holiday trip, Bogor? Purworejo-Boyolali? atau Jawa Timur?? Tapi mau ke waterboom duluuu!!hahaha