jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan

Things You Should Know! For Our Earth, For Our Children!

Saturday, December 25, 2010
Global Warming, siapa coba manusia yang belom pernah denger istilah ini?! Saking banyaknya diobrolin sama media, sampe-sampe ibu-ibu pas di pasar mau beli bawang ngomongnya gini:
"Mbak, saya mau beli bawang merah yang anti gombal warming dong, sekilo yah."
"Aduh jeng, adanya bawang merah global tv nih jeng."
"Ogitu ya, yaudah biarin deh, jadinya sekilo ya. Gocengan kan?"
gedubrak!!

Gak separah itu juga ding, gw lagi lebay aja ini kayanya. Naaahhh yang jelas, global warming ini terkenalnya udah kaya si Irfan Hachim Hachim (gw sampe sekarang masih ga abis pikir kenapa buanyaaaakk temen-temen gw pada tergila-gila sama si hachim hachim! ganteng? ah biasa aja tuh! masih jauuuh lebih cute si om Shah Rukh Khan hahahaaa) Yak, kembali ke gombal warming. Menurut artinya Gombal = kain (dalam bahasa Jawa) dan warming = pemanasan, jadilah pemanasan kain, dijamin cucian ibu ibu sekalian kering dalam sekejap mata! *ting-kedipkedip mata sebelah kanan*

Sebenernya, kali ini gw bukan mau menguraikan arti gombal warming, tapi gw pengen kita, sebagai khalifah fil ard yang bertugas menjaga dan memanfaatkan bumi dengan amanah, melakukan sesuatu buat bumi kita yang cuma satu dan udah sakit-sakitan ini. Well, sakit-sakitan, how come? These are facts you should know!
  • 24 pulau di Indonesia dan Kepulauan Seribu udah ilang tenggelam krn air laut naik akibat es di kutub mencair
  • suhu bumi meningkat! dalam 100 taun ini, suhu indo naik 3,5 derajat celcius. bahkan salju di jaya wijaya udah mulai meleleh, kutub apalagi!
then what should we do?? bumi ini cuman satu, tempat kita hidup. Jangan cuman kampanye kampanye global warming tapi ga ada langkah konkretnya! Ini beberapa simple steps yang bisa kita lakukan, kontribusi kecil yang bernilai besar buat bumi kita.
  1. Nggak nyolokin alat listrik walaupun lagi dimatiin. Biasanya mahasiswa nih kabel laptop sama charger hape kaga dicopot-copot! Dengan nyopot kabel-kabel alat listrik ini, kita bisa hemat 40-50% biaya listrik per bulan, dan berarti kita mengurangi panas yg keluar dari alat-alat tadi yg bisa merembet ke pemanasan global.
  2. Kantong plastik butuh 1000 taun buat terurai di TPA! Di indonesia, setahunnya kurang lebih ada 300 juta kantong plastik dibuang, belom ditambah yang di sungai, belakang rumah dsb. 
  3. 10 kg kertas yang siap loak butuh 1 pohon yang seenggaknya berumur 10 taun. Boros kertas = boros pohon. Imagine, how many trees had been cut down for us?? Ga aneh kalo bumi tambah panas.
  4. 1 liter air di supermarket =  5 liter air! Kenapa? Di pabrik, dibutuhkan 5 liter air buat ngedinginin botol plastik yang masih panas baru dicetak. Jangan lupa perhatiin kode angka di bawah botol, 2 3 dan 4 berarti aman, selain itu? lo sama aja makan plastik!
  5. Tissue! Tissue yang udah dipake itu nggak bisa direcycle. Begitu pula kertas yg udah kena minyak dan bekas makanan. They're only a waste. Ujung-ujungnya kita ngasih kerjaan sama tanah buat me-recycle. Kita ibaratkan satu orang make 7 lembar tissue per hari, berarti dalam setahun jadi 2520 lembar. Penduduk Indonesia kira-kira 200juta, jadi setaun ada 504.000.000.000 sampah tissue (sumpah gw mendadak bingung ini gimana ngebacanya hahahaa) Kalo kita bisa hemat 2 lembaaar aja per harinya, kita bisa ngurangin angka 504ribu-juta (miliar bukan sih?) sebanyak 144.000.000.000 per taun, berarti per harinya 1,2 juta tissue dihemat. Hebat ya? Untuung gw bukan pengguna tissue yg boros. Tissue gw isi 200 itu bisa buat 4 bulan dong yaaa :D makanya gw suka gatel liat cewe cewe pada bawa tissue kemana-mana, toilet?? kenapa ga sedia kain atau handuk khusus aja? this is what i do soalnya heheee..
  6. Be green on ATM! Ga usah lah kita cetak bukti transaksi kalo ga bener-bener dibutuhin (misalnya bukti transfer uang kuliah, ini mah harus!) kalo cuman ambil duit biasa, what's the use of that paper? lo juga pasti ngebuang kan abis diliat? Inilah sampah! Ada riset yang bilang, kalo selama setahun orang ga cetak bukti transaksi, kertas rollnya bakal sebanding dg 15x keliling equator. Waw!
  7. Pisahin sampah organik dan non organik, dengan begitu pengolahannya bakal lebih gampang dan terorganisasi.
  8. Pernah nonton Discovery Channel yang beruang kutub mati-matian nyari daratan? Pollar bear ga bisa renang, tapi in fact, di kutub sono mereka harus berenang 30km buat nemuin es untuk berteduh. Is that the world you will leave for your children???
Save our earth! Save our children! Start small, start now!!

Berpermen Karetlah! Sehat Pinter dan Kurus!

Friday, December 24, 2010
Mendadak gw jadi permen kareters. Tanya kenapa? simple.. Gw selalu butuh something to eat, biasanya jatohnya ke cemilan-cemilan yg ga sehat kaya chiki, gorengan, atau coklat. Oke, coklat itu bagus, tapi kalo sering?

Kebetulan pas kemaren ke Caref**r Kiaracondong gw liat Big Babol, permen karet jaman SD pas suka banget nonton  Doraemon dan Scooby Doo, masih suka main layangan, main gambar diterbang-terbangin, main tanah dan lompat tali. Entah karena apa mendadak gw beli atas dasar iseng biar mulut ga nganggur pas libur hari tenang. I enjoy chewing gums! Selain itu, tau nggak si kalo permen karet juga berkhasiat?

Berdasarkan info dari PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) yang pernah gw baca, permen karet bisa bikin gigi sehat, dalam artian mencegah gigi dari kerusakan, asal permen karetnya yang bebas gula. Jadi permen karet ini bisa jadi pengganti gosok gigi abis makan kalo lagi bepergian. Tapi sangat sangat ga disarankan yaaa ngunyah permen karet doang 2x sehari dan gak gosok gigi (yeeck!) Dengan ngunyah permen karet, kita ngeluarin banyak saliva (hayooo saliva apa coba?? :p) nah dengan aliran saliva itulah kita bisa mengurangi populasi bakteri di mulut dan mengurangi sisa makanan di mulut.

Selain itu, berpemen karet juga bisa menyehatkan otak? how come? Mengunyah ini bisa meningkatkan kinerja yg butuh konsentrasi dan kewaspadaan. Kalo sering ngantuk pas nyetir, coba nyetir sambil berpemen karet! d^^b Selain itu, berpemen karet bisa bikin lebih pinter lho ternyata! Gw juga baru tau soal ini. Dengan berpemen karet, detak jantung kita meningkat sehingga supply O2 ke otak lebih lancar. Naaah O2 yg lancar ke otak ini bisa bikin kita berpikir lebih jernih dan lebih cepet. Selain itu, berpemen karet bisa memproduksi insulin lebih banyak yang merangsang otak yang berhubungan sama daya ingat.

Banyak ya? dan berdasarkan analisis gw sendiri, ada beberapa manfaat permen karet yang lain yang juga penting! Pertama, permen karet sebagai pengganti sit-up. Kalo lagi berpermen karet, kita pasti bakal bikin balon balon yg kita tiup-tiup. Pas SD gw bahkan bikin segede muka pake 3 permen karet yosan sampe muka gw belepotan permen karet semua. Naah, ini kan ditiut-tiup tu. Kata temen gw, niup-niup bisa bikin perut kenceng. Ga percaya? yaudah! hahaa..

Kedua, berpermen karet bisa ngebantu diet, soalnya orang-orang yg suka ngemil kaya gw, gatel rasanya kalo ga ada makanan. Dengan permen karet, gw sangat terbantu ga ngemil dan tetep ada yang gw kunyah-kunyah. 

Untukmu Ibu: Hanya Terimakasih dan Maaf

Wednesday, December 22, 2010
22 Desember 2010,
tanggal yang selalu bikin gw nangis tiap tahunnya,
Hari Ibu.

Gw persembahkan tulisan ini buat ibu,

Dra. Sri Hastuti, nama dengan satu gelar yang berjuang mati-matian demi kami, gw dan Hakim. Orang pertama yang gw kenal, yang dari rahimnya gw lahir. Orang yang ngasih gw ASI tiap hari, yang ngajarin gw gimana ngomong, gimana makan, gimana jalan, gimana jadi bocah kecil yg terampil, lincah dan cerdas. Beliau yg dulunya sering, ah bukan, selalu bahkan, gw repotin. Gw pup di pangkuan beliau, gw ompolin, ga kurang semua itu, gw masih suka muntahin juga kl gw lagi ga sehat, gw nangis sekonyong-konyong di depannya cuman biar dibeliin mainan. 

Terimakasih terimakasih terimakasih, ibu yang terbaik sedunia buat Rahma dan Hakim. Tiap tetes perjuangan, pengorbanan, cinta dan kasih sayang, peluh, sakit dan luka karena kami yang bahkan tak pernah kau ungkit. Buat Rahma, ibu adalah guru matematika terbaik sedunia sekaligus ibu terbaik sedunia.

Maaf maaf maaf, walaupun kita udah berjanji melebur semuanya Idul Fitri kemarin, sepertinya dosa Rahma udah numpuk lagi sama ibu. Dan dengan ini, Rahma janji, akan berjuang dan bekerja keras kaya ibu, rajin kaya ibu. 

Semoga keluarga kita bisa dipertemukan kembali di surga Allah yang mahadahsyat indahnya, amin.
We love you, we always love you, and we will always love you mom! :*

BEM Garden Party @Lembang

Monday, December 20, 2010
Eng ing eeeengg..setelah sekian lama gak menyentuh blog ini, akhirnya gue kembali saudara saudara!! Tetep mau dapet update berita terbaru seputar aku? ketik REGANGSAKomentar Kamu, misalnya
"REG ANGSA Akuh agy ga' puny4 duit niechhh, gimana ea?" kirim ke nomer hape emak lu dan cek saldo rekening abis itu. Inget ya, nomer tujuan sesuai dg isi pesan *apasih!*

Okeee keknya yang barusan itu kriuk kriuk banget ya, garing tingkat dewa! hhaaha..

Sebenernya buanyaaakk yg pengen gw tulis, tp gw bingung samking banyaknya. Dan akhirnya pilihan gw jatuh pada satu cerita yg masih fresh banget! BEM Garden Party @Lembang.

Tanggal 4 & 5 Desember kemaren BEM 2010 LPJ, dan tanggal 9 resmi purna (salah gak ya tanggalnya? :p) Nah karena itulah maka garden party ini diadakan dg tujuan buat perpisahan BEM 2010, event terakhir gitu pokonya ceritanya.
Diawali dg naik mobil si Muti yg disopirin Aldi, gw desek-desekan sama si Gesa, Muti,dan Ardi. Sempit geeloo!! Macet parah pula. Sampailah kami di villa Astuti di Lembang. alamat persisnya gw pura-pura lupa *maksudnya gatau* Dimulai dg pesta jagung bakar, kita langsung api unggunan. Agenda api unggunnya sebenernya sedih-sedihan, beberapa nangis, gw cuman sempet berkaca-kaca. Kenapa? padahal kalo dibandingin taun lalu gw nangis sampe gak berbentuk. Adalah tidak lain dan tidak bukan, gw masih ngerasa keluarga gw yg paling deket, Keluarga Wirausaha 2010, belum berakhir. 

Dari 70-an pengurus BEM, yg paling deket adalah mereka bertujuh, Muhamad Zaki, Mutihera Safitri, Yulian Aryanti, Tigar Putri Adhiana, Ghazali Al Nafi, Muhammad Alif Aldila, Harland Firman Agus. Mereka keluarga gw, bukan lagi temen atau sahabat! Mereka lebih lebih lebih!! Berdelapan, kami ngejalanin proker yang di benak kami, itu bukan proker, bukan kerjaan, tapi main. Karena WU cuman punya dua kondisi: Senang dan Senang Sekali. It's all about fun!! Semoga rintisan bisnis kita bisa terealisasi!!

Malemnya kami ngobrol sampe jam 3 dini hari, itu pun kalo gak disuruh tidur sama ka Bil (mantan Presma) keknya kita bakal pada ngobrol ampe adzan subuh :D Siangnya ada tuker kado dan games. I'll really miss that moment! Cuman sayangnya kurang dapet feel perpisahannya, kalo taun lalu kan ditutup dg nyanyi Mars Mahasiswa sampe banjir air mata hehee..

BEM 2010,
Berjuang dengan hati,
Melangkah dengan nurani,
Salam Perjuangan!!